Minggu, 17 Februari 2013

Makalah Teknik Antar Muka


 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       LatarBelakangMasalah
Saat Komunikasi dilakukan dalam kecepatan tinggi dan jarak yang jauh, metode saluran tunggal ( single ended ) tidak dapat digunakan lagi. Sistem transmisi saluran ganda ( differential-balanced data transmission ) jauh lebih baik dalam berbagai aplikasi. Electronics Industry Association ( EIA ) telah mengeluarkan antarmuka serial baru yaitu RS422 dan RS485. Standar ini dirancang untuk komunikasi data dengan kecepatan tinggi. RS422 merupakan standar yang mendefinisikan transmisi data diferensial dari satu driver kebanyak receiver ( multidrop ). Kelebihan RS485 daripada RS422 yaitu RS485 merupakan standar antarmuka yang unik, karena dari semua standar EIA hanya RS485 yang dapat digunakan untuk operasi multiple driver.Oleh karena itu memungkinkan konfigurasi multipoint ( party line )
RS485 menggunakan sistem transmisi saluran ganda( differential-balanced data transmission ) untuk transmisi saluran datanya. Dalam pemasangannya digunakan dua kabel ( two wires ) untuk tiap sinyal. Keadaan logic direferensikan oleh perbedaan potensial diantara line, bukan terhadap ground. RS485 mempunyai sifat yang sangat kebal terhadap gangguan listrik, sehingga dapat menyalurkan data lebih jauh ( maksimum 4000 feet ) dengan kecepatan lebih tinggi ( 100kbps ) atau 40 feet dengankecepatan 10Mbps ( maksimum data rate ). Kabel RS 485 merupakan sebuah US – based telecommunication standart untuk binary serial communication antara device. RS 485 adalah protocol atau set spesifikasi yang harus diikuti untuk memperbolehkan device yang mengimplementasikan standar tuntuk berbicara  satu sama lain. Protocol tersebut adalah sebuah versi update dari serial protocol yang dikenal dengan RS 232. Ketika RS 232 standart diperbolehkan untuk koneksi dari dua device melalui sebuah serial link, RS 485 memperbolehkan serial conection antara lebih dari dua device pada sebuah sistem network.
Sebuah RS 485 compliant network adalah sebuah multi point communication network.Rs 485 standart spesific sehingga 32 driver dan 32 reciever pada sebuah bus dua kabel. Teknologi baru telah memperkenalkan repeater otomatis, driver dan receiver dengan impedansi tinggi sehingga sejumlah driver dan receiver dapat dikembangkan menjadi ratusan node pada sebuah network. Bahkan RS 485 driver dapat menahan masalah bus.
RS 485 dapat dikontruksikan sebagai sebuah sistem dua kabel atau empat kabel. jika RS 485 diciptakan menjadi sebuah sistem dua kabel, semua node memiliki ranking yang sama, tetapi jika dirancang sebagai sebuah sistem empat kabel memiliki sebuah node yang dirancang sebagai master dan sisa node ditentukan sebagai slave atau pelayan. Sistem ini hanya terjadi antara master dan slave bukan antar slave.

1.2.       RumusanMasalah
Rumusan masalah dalam penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.2.1.           Apa pengertian dari RS 485
1.2.2.           Apa pengertian dari half duplex
1.2.3.           Bagaimana cara menghubungkan instrument dalam jaringan RS 485
1.2.4.           Apa sajakah macam kabel yang direkomendasikan untuk koneksi RS 485

1.3.       Tujuan
Tujuan dalam penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.3.1.           Mengetahui pengertian RS 485
1.3.2.           Mengetahui pengertian half duplex
1.3.3.           Mengetahui cara menghubungkan instrument dalam jaringan RS 485
1.3.4.           Mengetahui macam – macam kabel yang direkomendasikan untuk koneksi RS 485

BAB II
PEMBAHASAN

2.1.       Pengertian RS 485
RS485 atau EIA (Electronic Industries Association) RS485 adalah jaringan balanced line dan dengan sistem pengiriman data secara half-duplex. RS485 bisa digunakan sebagai jaringan transfer data dengan jarak maksimal 1,2 km. Tabel berikut adalah ringkasan spesifikasi dari protokol RS485:
 
Sistem transmisi saluran ganda yang dipakai oleh RS485 ini juga memungkinkan untuk digunakan sebagai saluran komunikasi multi-drop dan multipoint ( party line ). Saluran komunikasi multipoint ini dapat dihubungkan sampai dengan 32 driver / generator dan 32 receiver pada single ( two wires ) bus. Dengan perkenalan terhadap repeater ‘ otomatis ‘ dan driver / receiver high – impedance, keterbatasan ini dapat diperluas sampai ratusan ( bahkan ribuan ) titik pada jaringan.

Gambar Aplikasi Typical RS 485

2.2.       Pengertian Half Duplex
Half duplex adalah sistem dimana antara beberapa transmitter (pembicara) dapat berkomunikasi dengan satu atau banyak receivers (pendengar) dengan hanya satu transmitter yang aktif berkomunikasi dengan receiver dalam satu siklus waktu (waktu komunikasi).Sebagai contoh, pembicaraan dimulai dengan sebuah pertanyaan, orang yang bertanya tersebut kemudian akan mendengarkan jawaban atau menunggu sampai dia mendapat jawaban atau sampai dia memutuskan bahwa orang yang ditanya tidak menjawab pertanyaan tersebut. Dalam jaringan RS485, “master” akan memulai “pembicaraan” dengan sebuah “Query” (pertanyaan) yang dialamatkan pada salah satu “slave”, “master” kemudian akan mendengarkan jawaban dari “slave”. Jika “slave” tidak merespon dalam waktu yang ditentukan, (diseting oleh kontrol software dalam “master”), “master” akan memutus pembicaraan.

2.3.       Cara Menghubungkan Instrument dalamJaringan RS 485
Untuk menghubungkan instrumen pada jaringan RS485, harus menggunakan kabel khusus yang di disain untuk komunikasi RS485 sebagai contoh: “Screened twisted pair cable”, “impedansi 120ohm”,”kapasitansi tidak lebih dari 18pf/ft”. Spesifikasi kabel tersebut diperlukan bila ingin mendapatkan jarak yang optimal yaitu sampai dengan 1,2km. Bila hanya untuk percobaan dengan jarak pendek dibawah 10meter, bisa digunakan kabe lapasaja. Semua koneksi sisi “A” harus digabungkan bersama dengan sebuah konduktor dari twisted pair cable, dan semua koneksi sisi “B” juga harus digabungkan menjadi satu dengan menggunakan satu konduktor yang lain dari twisted pair cable tersebut. Dan yang paling pentinguntukmenghindari noise, EMI (Electro Magnetic Interference) dan surge, cable screen (serabutluarkabel) harusdihubungkanke terminal “Gnd”.

Sebagaicontohjeniskabel yang bisadigunakanadalah Belden 9841 (Single pair) atau 9842 (Two pair) dengankarakteristikimpedansisebesar 120ohm.Kabeltersebutsangatdirekomendasikan.Karenakoneksi RS485 bersifat multi-drop (party-line) makapadaujungkoneksiinstrumenpadajaringakmodbusharusditerminasidengan resistor sebesar 120ohm seperempat watt atau yang lebihbesar.Termination resistor biasanyasudahdisediakandan switchable bilaandamembeli unit instrument pabrikan.Untukpemilihanjumlah pair padakabelharusdisesuaikandengankebutuhan, misalandainginmenggabungkancatudaya DC24Volt padasatukabeldengankomunikasi data, makaandabisamenggunakan Belden 9842 (Two pair) danjikadalamsatukabelhanyadiperuntukkanuntukkomunikasi data, andabisamenggunakan Belden 9841 (Single pair).
Dalamjaringan RS485 tidakbolehadalebihdariduakabel yang terhubungdalamsatu terminal.Konfigurasi yang harusdigunakanadalah “Daisy Chain” atau “straight line” ataujaringansatuarahantara master dan slave-nya. Konfigurasi “Star” ataujaringandengan “Stubs (Tees)” ataupercabangantidakdirekomendasikankarenabisamengakibatkansistemtidakberjalansesuaiharapan (terjadikorupsi data).


2.4.       Kabel yang Direkomendasikanuntuk RS 485
Macam – macamkabel yang direkomendasikanuntuk RS 485 adalahsebagaiberikut :
1. Belden 9841 (Single twisted pair cable) denganbeldfoildan braid shiled, impedansi 120 ohms, kapasitansi 12pf/ft, 24AWG, arusmaksimal 2,1A/conductor @25 Celsius.
2. Belden 9842 (Double twisted pair cable) denganbeldfoildan braid shield, impedansi 120ohms, kapasitansi 12pf/ft, 24AWG, arusmaksimal 2,1A/conductor @25 Celsius.
3. Belden 89842 (Double twisted pair cable) dengan Plenum rated (Cable untukdipasang di plenum space). denganbeldfoildan braid shield, impedansi 120ohms, kapasitansi 12pf/ft, 24AWG, arusmaksimal 2,1A/conductor @25 Celsius. Untukspesifikasilengkapsilahkan download datasheetnyadisini.

BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
RS485 atau EIA (Electronic Industries Association) RS485 adalahjaringan balanced line dandengansistempengiriman data secara half-duplex. RS485 bisadigunakansebagaijaringan transfer data denganjarakmaksimal 1,2 km.
Untukmenghubungkaninstrumenpadajaringan RS485, harusmenggunakankabelkhusus yang didisainuntukkomunikasi RS485 sebagaicontoh: “Screened twisted pair cable”, “impedansi 120ohm”,”kapasitansi tidaklebihdari 18pf/ft”. Spesifikasikabeltersebutdiperlukanbilainginmendapatkanjarak yang optimal yaitusampaidengan 1,2km.Bilahanyauntukpercobaandenganjarakpendekdibawah 10meter, bisadigunakankabelapasaja. Semuakoneksisisi “A” harusdigabungkanbersamadengansebuahkonduktordari twisted pair cable, dansemuakoneksisisi “B” jugaharusdigabungkanmenjadisatudenganmenggunakansatukonduktor yang laindari twisted pair cable tersebut. Dan yang paling pentinguntukmenghindari noise, EMI (Electro Magnetic Interference) dan surge, cable screen (serabutluarkabel) harusdihubungkanke terminal “Gnd”.



DAFTAR PUSTAKA
http:// gicara.com/uncategorized/apa-yang-dimaksud-dengan-rs-485.html

Tidak ada komentar:

gambar
gambar
HARI KURNIAWAN AREMA