Sabtu, 04 Mei 2013

Apa Itu PKM?

PKM adalah  singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi  ruang  untuk  para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya.  PKM merupakan  salah  satu  bentuk  upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M),  Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang  memiliki kemampuan akademis dan atau  profesional yang dapat  menerapkan, mengembangkan dan  meyebarluaskan ilmu  pengetahuan,  teknologi dan atau  kesenian  serta memperkaya  budaya nasional.

Sejarah PKM
PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan,  penelitian  dan  pengabdian kepada masyarakat yang  selama ini sarat dengan partisipasi aktif  mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa.

Tujuan PKM
PKM dikembangkan untuk mengantarkan  mahasiswa mencapai  taraf  pencerahan  kreativitas dan  inovasi berlandaskan
 penguasaan  sains dan  teknologi serta keimanan  yang  tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi  pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab,  membangun  kerjasama tim maupun  mengembangkan kemandirian  melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni


Macam-Macam PKM
Ke 7 (tujuh) jenis kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memiliki misi dan tuntutan teknis pelaksanaan yang berbeda. Perbedaan tersebut ditunjukkan melalui karakteristik masing-masing PKM sebagai berikut:

1. PKM-P merupakan  program  penelitian  yang  bertujuan antara lain: untuk mengidentifikasi faktor penentu  mutu produk,  menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau  lebih faktor,  menguji cobakan sebuah bentuk atau peralatan,  merumuskan metode pembelajaran,  melakukan  inventarisasi  sumber daya,  memodifikasi produk eksisting, mengidentifikasi  senyawa kimia di dalam  tanaman,  menguji  khasiat ekstrak tanaman, merumuskan teknik pemasaran,  survei kesehatan anak jalanan,  metode pembelajaran aksara Bali di siswa sekolah dasar,  laju  pertumbuhan  ekonomi di sentra kerajinan  Kasongan, faktor  penyebab  tahayul  yang mewarnai  perilaku  masyarakat  Jawa  dan  lain-lain  kegiatan yang memiliki tujuan semacam  itu.

2. PKM-T merupakan program  bantuan teknologi (mutu bahan baku,  prototipe,  model, peralatan  atau proses produksi,  pengolahan limbah,  system  jaminan mutu dan lain-lain)  atau  manajemen (pemasaran,  pembukuan,  status usaha dan  lain-lain) atau  lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil  (industri  rumahan,  pedagang  kecil  atau  koperasi) dan menengah yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program.  Mitra program yang dimaksud dalam  hal ini adalah  kelompok masyarakat yang dinilai produktif.  PKMT mewajibkan  mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu,  karena  produk  PKMT merupakan  solusi atas persoalan prioritas mitra. Dengan demikian,  di dalam  usul  program  harus dilampirkan  Surat Pernyataan Kesediaan  Bekerjasama  dari  Mitra pada  kertas bermaterai Rp 6.000,- .

3. PKM-K merupakan program pengembangan  ketrampilan mahasiswa dalam  berwirausaha dan berorientasi pada  profit.  Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau  jasa yang selanjutnya merupakan  salah  satu  modal  dasar  mahasiswa  berwirausaha dan memasuki pasar.  Jadi pemeran utama berwirausaha dalam  hal  ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat,  ataupun mitra lainnya.

4. PKM-M merupakan program  bantuan  ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam  upaya peningkatan kinerja,  membangun keterampilan usaha,  penataan dan perbaikan lingkungan,  penguatan  kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional,  pengenalan dan pemahaman aspek  hukum adat, upaya penyembuhan  buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun  non-formal, yang sementara ini dinilai kurang  produktif.  Disyaratkan dalam  usulan  program  ini adanya komitmen bekerjasama secara tertulis dari  komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi  khalayak sasaran.

5. PKM-KC merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan  suatu sistem, desain,  model/barang atau prototipe dan sejenisnya. Karya cipta tersebut mungkin belum  memberikan nilai  kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

6. PKM-AI merupakan program penulisan artikel  ilmiah yang  bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam  bidang  pendidikan,  penelitian atau  pengabdian  kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (misalnya studi kasus,  praktek lapang,  KKN, PKM, magang, dan lain-lain).

7. PKM-GT merupakan program  penulisan  artikel ilmiah yang bersumber dari  ide atau gagasan  kelompok  mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu  kepada  isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir  yang cerdas dan realistik.

Tidak ada komentar:

gambar
gambar
HARI KURNIAWAN AREMA