1.1. Umum.
Pneumatik
berasal dari bahasa Yunani yang berarti
udara atau angin. Semua sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam
bentuk udara yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut dengan
sistem Pneumatik. Dalam penerapannya, sistem pneumatic banyak digunakan sebagai
sistem automasi.
A. Penggunaan sistem Pneumatik antara lain
sebagai berikut :
a. Rem
b. Buka dan tutup Pintu
c. Pelepas dan penarik roda-roda pendarat pesawat.
d. Dan lain-lain.
B.
Kelebihan sistem Pneumatik antara lain :
a. Fluida kerja mudah didapat dan ditransfer.
b. Dapat disimpan dengan baik
c. Penurunan tekanan relatif lebih kecil dibandingkan
dengan sistem hidrolik.
d. Viskositas fluida yang lebih kecil sehingga gesekan dapat
diabaikan.
e.
Aman terhadap kebakaran.
C.
Sedangkan kekurangan dari sistem Pneumatik antara lain:
a.
Gangguan suara yang bising
b.
Gaya yang ditransfer terbatas
c.
Dapat terjadi pengembunan.
Sistem Tekanan Tinggi
Untuk
sistem tekanan tinggi, udara biasanya disimpan dalam tabung metal (Air Storage
Cylinder) pada range tekanan dari 1000 – 3000 Psi, tergantung pada keadaan sistem.
Tipe dari
tabung ini mempunyai 2 Klep, yang mana satu digunakan sebagai klep pengisian,
dasar operasi Kompresor dapat dihubungkan pada klep ini untuk penambahan udara
kedalam tabung. Klep lainnya sebagai klep pengontrol. Klep ini dapat sebagai
klep penutup dan juga menjaga terperangkapnya udara dalam tabung selama sistem
dioperasikan.
Sistem Tekanan Sedang.
Sistem
Pneumatik tekanan sedang mempunyai range tekanan antara 100 – 150 Psi, biasanya
tidak menggunakan tabung udara. Sistem ini umumnya mengambil udara terkompresi
langsung dari motor kompresor.
Sistem Tekanan Rendah.
Tekanan
udara rendah didapatkan dari pompa udara tipe Vane. Demikian pompa udara
mengeluarkan tekanan udara secara kontinu dengan tekanan sebesar 1 –10 Psi. ke
sistem Pneumatik.
KOMPONEN
SISTEM PNEUMATIK
Kompresor
Kompresor
digunakan untuk menghisap udara di atmosfer dan menyimpannya kedalam tangki
penampung atau receiver. Kondisi udara
dalam atmosfer dipengaruhi oleh suhu dan tekanan.
Oil
and Water Trap
Fungsi
dari Oil and Water Trap adalah sebagai pemisah oli dan air dari udara yang
masuk dari kompresor. Jumlah air persentasenya sangat kecil dalam udara yang
masuk kedalam sistem Pneumatik, tetapi
dapat menjadi penyebab serius dari tidak berfungsinya sistem.
Dehydrator.
Fungsi
unit ini adalah sebagai pemisah kimia untuk memisahkan sisa uap lembab yang
mana boleh jadi tertinggal waktu udara melewati unit Oil and Water Trap.
The Air Filter
Setelah
udara yang dikompresi melewati unit Oil and Water Trap dan unit Dehydrator,
akhirnya udara yang dikompresi akan melewati Filter untuk memisahkan udara dari
kemungkinan adanya debu dan kotoran yang mana munkin tedapat dalam udara.
Pressure Regulator.
Sistem
tekanan udara siap masuk pada tekanan tinggi menambah tekanan pada bilik dan
mendesak beban pada piston.
Restrictors
Restrictor
adalah tipe dari pengontrol klep yang digunakan dalam sistem Pneumatik,
Restrictor yang biasa digunakan ada dua (2) tipe, yaitu tipe Orifice dan
Variable Restrictor.
Perawatan
Sistem Pneumatik.
Perawatan
sistem Pneumatik terdiri dari memperbaiki, mencari gangguan, pembersihan dan
pemasangan komponen, dan uji coba pengoperasian.
Tindakan
pencegahan untuk menjaga udara dalam sistem selalu terjaga kebersihannya.
Saringan dalam komponen harus selalu dibersihkan dari partikel-partikel metal
yang mana hal tersebut dapat menyebabkan keausan pada komponen.
Setiap
memasang komponen Pneumatik harus dijaga kebersihannya dan diproteksi dengan
pita penutup atau penutup debu dengan
segera setelah pembersihan. Memastikan ketika memasang kembali komponen tidak ada partikel metal yang masuk
kedalam sistem.
Sangat
penting mencegah masuknya air, karena dapat menjadi penyebab sistem tidak dapat
memberikan tekanan. Operasi dalam temperatur rendah, walaupun terdapat jumlah
air yang sangat kecil dapat menjadi penyebab serius tidak berfungsinya sistem.
Setiap tahap perawatan harus memperhatikan masuknya air kedalam sistem.
Kebocoran
bagian dalam komponen, selama kebocoran pada O-Ring atau posisinya, yang mana
ketika pemasangan tidak sempurna atau tergores oleh partikel metal atau sudah
batas pemakaian.
SISTEM
HIDROLIK
Umum
Bertahun-tahun
lalu manusia telah menemukan kekuatan dari perpindahan air, meskipun mereka
tidak mengetahui hal tersebut merupakan prinsip hidrolik. Sejak pertama
digunakan prinsip ini, mereka terus menerus mengaplikasikan prinsip ini untuk
banyak hal untuk kemajuan dan kemudahan umat manusia.
Hidrolik
adalah ilmu pergerakan fluida, tidak terbatas hanya pada fluida air. Jarang
dalam keseharian kita tidak menggunakan prinsip hidrolik, tiap kali kita minum
air, tiap kali kita menginjak rem kita mengaplikasikan prinsip hidrolik.
Keuntungan
Sistem
hidrolik banyak memiliki keuntungan. Sebagai sumber kekuatan untuk banyak
variasi pengoperasian. Keuntungan sistem hidrolik antara lain:
a. Ringan
b. Mudah dalam pemasangan
c. Sedikit perawatan
d.
Sistem hidrolik hampir 100 % efisien, bukan berarti mengabaikan
terjadinya gesekan fluida.
Pengertian
Hidrolik
Untuk
mengerti prinsip hidrolik kita harus mengetahui perhitungan dan beberapa
hukum yang berhubungan dengan prinsip
hidrolik.
Force
Force adalah jumlah dorongan atau tarikan pada objek (lb,
kg)
Unit Pressure
Unit pressure adalah jumlah kerkuatan dalam satu unit area
(lb/in2, Psi)
Stroke
Stroke (panjang) adalah diukur berdasarkan jarak pergerakan
pistin dalam silinder (in, m)
Volume
Volume diukur berdasarkan jumlah dalam in3, m3 yang dihitung berdasarkan jumlah fluida dalam reservoir atau dalam pompa atau pergerakan silinder.
Volume diukur berdasarkan jumlah dalam in3, m3 yang dihitung berdasarkan jumlah fluida dalam reservoir atau dalam pompa atau pergerakan silinder.
Fluida
Fluida
yang digunakan dalam bentuk liquid atau
gas. Fluida yang digunakan dalam sistem hidrolik umumnya oli.
Hukum Pascal
Suatu aliran didalam silinder yang dilengkapi dengan sebuah
penghisap yang mana kita dapat memakaikan sebuah tekanan luar po
tekanan p disuatu titik P yang sebarang sejarak h dibawah permukaan yang
sebelah atas dari cairan tersebut diberikan oleh persamaan.
p
= po + rgh.
Prinsip Pascal, tekanan yang dipakaikan kepada suatu fluida
tertutup diteruskan tanpa berkurang besarnya kepada setiap bagian fluida dan
dinding-dinding yang berisi fluida tersebut. Hasil ini adalah suatu konsekuensi
yang perlu dari hokum-hukum mekanika fluida, dan bukan merupakan sebuah prinsip
bebas.
Tekanan
Sebagai contoh, diketahui gaya sebesar 100 lbs mendorong piston dengan
luas permukaan 4 in2 maka dapat kita ketahui tekanan F/A = 25 lbs/in2
(psi).
Volume
•Jika
piston mempunyai luas permukaan 8 in2 bergerak dengan jarak 10 in
dalam silinder. Berapa volume fluida
yang dibutuhkan untuk menggerakan piston, menggunakan diagram segitiga diatas
maka v = A.l, jadi v= 80 in3.
Keuntungan Mekanik
keuntungan mekanik, ketika
gaya 50 lbs dihasilkan oleh piston dengan luas permukaan 2 in2,
tekanan fluida dapat menjadi 25 psi . dengan tekanan 25 psi pada luas permukaan
10 in2 dapat dihasilkan gaya
sebesar 250 lbs.
Komponen
Sistem Hidrolik
Motor
Hidrolik
Motor
hidrolik berfungsi untuk mengubah energi tekanan cairan hidrolik menjadi energi
mekanik.
Pompa Hidrolik.
Pompa umumnya digunakan untuk memindahkan sejumlah volume
cairan yang digunakan agar suatu cairan tersebut memiliki bentuk energi.
Katup
(Valve)
Katup
pada sistem dibedakan atas fungsi,
disain dan cara kerja katup
Perawatan
Sistem Hidrolik
Perawatan dari sistem hidrolik, memerlukan penggunaan
fluida hidrolik yang layak, pemilihan tube dan seal yang layak. Dan kita harus
dapat mengetahui bagaimana pengecekan untuk kebersihan nya yang layak.
Perbaikan
pada sistem hidrolik, adanya satu prosedur perawatan dilakukan pada mekanik
hidrolik. Sebelum perbaikan dimulai, spesifikasi tipe fluida harus diketahui .
warna dari fluida pada sistem dapat juga digunakan sebagai penentu dari tipe
fluida.
Perawatan
efektif dari sistem hidrolik yang diperlukan adalah melihat kelayakan seal,
tube, selang yang digunakan. Untuk sistem hidrolik (3000 psi) digunakan tube
stainless steel, dan untuk sistem
hidrolik tekanan rendah dapat digunakan tube dari alumunium alloy.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar